Perlindungan Sumber Daya Air

Narasumber: Sri Rahayu Oktoberina, S.H., MPA

Tanggal: 7 April 2011

Air merupakan Sumber Daya Alam yang harus dipelihara. Air merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dimana dalam perawatannya melibatkan berbagai pihak. Adapun pengaturan mengenai Sumber Daya Air terdapat di dalam pasal 3 UU Nomor 7 tahun 2004. Dimana di dalam pasal tersebut dikatakan bahwa :

“Sumber daya air dikelola secara menyeluruh, terpadu, dan berwawasan  lingkungan hidup dengan tujuan mewujudkan kemanfaatan sumber daya air  yang  berkelanjutan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.

Sumber daya air dapat diperoleh baik dari laut, sungai, maupun sumur masyarakat. seperti diketahui bahwa air laut berasal dari aliran air sungai, dimana aliran sungai tersebut kerap kali melewati berbagai daerah. Mengingat aliran air yang kerap kali melweati berbagai daerah, maka perlindungan terhadap suatu aliran air tidak bisa dibebankan hanya kepada satu daerah saja, melainkan seluruh daerah yang dilalui oleh aliran air tersebut.

Selain perlindungan terhadap aliran air, dalam hal penggunaan air juga harus berdasarkan aturan yang ada. Hal ini dimaksudkan agara tidak terjadi kelangkaan sumber air yang kerap kali di monopoli oleh pihak tertentu.

Dalam hal pengawasan terhadap sumberdaya air juga tidak dapat dibebankan hanya kepada pihak atau lembaga tertentu saja, melainkan pengawasan terhadap sumber daya air haruslah dilakukan oleh setiap orang guna untuk memaksimalkan pengawasan terhadap sumber daya air tersebut.

> Radio Chevy 103, 5 FM, Hukum LingkunganPermalink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>